27 Maret 2008

Solar Generation Indonesia

“ kaum muda merupakan korban dari perubahan iklim yang paling parah terkena dampaknya. Keputusan yang dibuat politisi dan industri hari ini berimbas secara langsung kepada kita generasi muda. Karena kami merasa muda dan ingin melakukan perubahan kami ada “

Nama gw galih, ada di greenpeace sejak februari 2007 saat ini menjadi kordinator untuk Solar Generation Indonesia, dimana Solar Generation adalah salah satu kelompok anak muda di greenpeace yang menjadi bagian dari kampanye iklim dan energi. Program Solar Generation sendiri baru dilaunching pada 1 desember 2007 di Bali bersamaan dengan akan diadakannya UNFCCC pada waktu itu.

Sejauh ini banyak sudah yang dilakukan oleh Solar Generation khususnya untuk kampanye iklim dan energi baik itu di tingkatan public awareness atau dalam hal aplikasi dari kampanye tersebut. Saat ini banyak program yang akan dilakukan oleh Solar Generation khususnya untuk program anak muda di Indonesia, diantaranya yaitu:

1. Kampus Hijau 2. Komunitas Sekolah 3. Riset 4. dll

Pertanyaanya kemudian kenapa anak muda menurut kami amat penting khususnya bagi program penyelamatan iklim dunia ?, Karena memang secara tidak langsung selain menjadi korban, dengan kuota 70 % penduduk dunia adalah anak muda yang juga kadang kerap andil sebagai penyebab terjadinya global warming melalui aktifitas dan mobilitasnya yang kerap menyumbang emisi. Dan karena itulah gw dan kawan – kawan di Solar Generation akan terus berteriak dan bergerak sekaligus mengajak dan mengingatkan orang tentang tanggung jawabnya untuk meyelamatkan bumi tercinta ini. Dan kita juga akan menunjukan kepada semua orang kalau sementara para politisi sibuk berbicara, kita sudah bergerak aktif. Bukan pekerjaan yang mudah memang akan tetapi akan mejadi sulit juga ketika tidak ada yang memulainya. Bagi gw gak ada yang namanya mimpi karena sebenarnya selama semua masih punya keyakinan dan tanggung jawab semua bisa jadi nyata, tapi memang semua juga gak bisa dikerjain sendirian. Jadi yuk raih masa depan dengan tangan sendiri, and hey youth act now.

Galih Aji Prasongko Solar Generation Cordinator GPSEA – Indonesia 085692400192 galih.aji.prasongko@greenpeace.org

3 komentar:

shanti.blogspot.com mengatakan...

aku setuju ama km,bahwa generasi kita-kita turut memberi andil terhadap perubahan iklim.

Anonim mengatakan...

majhu terus man pantang mundur...
pokoke bravo lah...
muantabbb
eleh2 oyoy lah

bua bua mengatakan...

sebagai anak muda kita harus jeli melihat isu global warming yang menyebabkan climate changes,cari tau siapa penyumbang emisi terbesar di muka bumi ini,jangan2 kita termasuk partisipan terbesar karena pola konsumsi kita membeli produk2 "negara(yang dibilang ) maju" yang proses industrinya menghasilkan emisi yang ampun2an..
dan anehnya isu global warming yg punya jargon "go green" sering dipakai untuk mempromosikan produk2 mereka yang jelas2 NGGAK go green..,dikit dikit kampanye tanam pohon dimana2 bareng artis2,padahal mulai dari kosmetik mpe sendal yang nempel di badan mereka menyumbang emisi yang gila2 an..
dan lagi2 anehnya kita beli pula produk2 mereka hehe..
makanya yuk kita bangga ma produk lokal kita, local wisdom gitu loh..kereatif dikit jangan dikit2 beli..mungkin itu cara simple buat mitigasi atau meredam global warming..
ciaau..